Wordpress.org VS Wordpress.com ? Apa sih bedanya?

Kedengarannya mungkin sama, namun faktanya sangat berbeda. Serupa tapi tak sama adalah ungkapan yang tepat untuk menjelaskan kedua platform antara wordpress.com dengan wordpress.org. Ketika pertama kali saya memulai ngeblog beberapa tahun silam saya memutuskan untuk menggunakan domain wordpress.com. Cara bikinnya mudah cukup mendaftar saja menggunakan email dan gak ribet-ribet banget. Namun selang beberapa waktu saya ingin melakukan monetize blog yang telah saya buat ternyata tidak bisa. Karena di dalam wordpress.com tidak bisa dipasang script atau kode iklan. Usut punya usut ternyata kebijakan pihak wordpress tidak mengijinkan untuk memasang script iklan di dalam blog. Jadi saya sedikit kecewa karena ketidaktahuan saya. hhhe

Wordpress.com memang diperuntukkan bagi kalangan yang memang benar-benar menginginkan blog pribadi tanpa bisa dipasang script iklan. Tapi lantas jangan kecewa, bagi yang memakai domain wordpress.com masih bisa melakukan promosi online meskipun tidak bisa menggunakan program PPC (pay per click) google adsense.

Selang beberapa lama saya beralih menggunakan domain wordpress.org. Kita harus memiliki nama domain dan tempat hosting. Sebenarnya menggunakan wordpress.org adalah gratis. Wordpress.org adalah semacam aplikasi yang bisa di download secara gratis. Namun, kita harus membeli domain dan tempat hosting. Nah ini dia yang bikin bayar. Sebenarnya banyak sekali domain gratisan maupun web hosting gratisan. Nanti akan saya post pada artikel berikutnya. 

Wordpress.org memiliki fitur yang canggih dan bisa diupdate kapan saja, tentunya ketika perlu di update.hehe Banyak widget dan plugin yang bisa di install di wordpress.org. Banyak pemilik blog profesional yang menggunakan wordpress.org dalam membangun bisnis internet. Karena situs dan blog yang menggunakan domain .com alias domain berbayar akan lebih profesional ketimbang menggunakan domain yang gratisan.

Secara garis besar terdapat beberapa perbedaan antara wordpress.com vs wordpress.org 

WordPress.com   
  1. Mudah digunakan namun tidak ada extra plug-ins maupun tema yang bisa dicustom sendiri:  WordPress.com gratis dan mudah untuk mengatur termasuk setup, upgrade, spam blocker, backup, keamanan, dll. Tapi sangat sederhana, ada batasan tertentu. Anda harus menggunakan salah satu tema tersedia dan  tidak dapat menambahkan plug-in
  2. Dapat digunakan untuk menjual sesuatu, dalam syarat dan kondisi tertentu : Anda dapat menambahkan tombol PayPal dan menjual produk Anda jika Anda seorang seniman atau penulis . Kelompok-kelompok non -profit dapat meningkatkan blog untuk tujuan tertentu.
  3. Tidak ada statistik RSS atau Google Analytics :Sulit untuk mengetahui berapa banyak orang berlangganan ke blog Anda di WordPress.com karena tidak kompatibel dengan Google Analytics . Namun , Anda bisa mendapatkan statistik yang baik dengan mendapatkan akun Feeedburner - itu akan memberi Anda RSS info. Dan Anda juga bisa mendapatkan beberapa statistik pada pembaca Anda melalui Quantcas
  4.  Tags lebih banyak  Google Juice:Tags singkat ke pos untuk membuatnya lebih mudah untuk mengklasifikasikan postingan . Posting WordPress dapat memiliki hingga kira-kira sepuluh tag . Global Tag listing di WordPress.com mengumpulkan semua posting yang diterbitkan pada setiap tag tertentu. Menurut Raincoaster , tag adalah keuntungan terbesar dari WordPress.com mendapat lebih banyak Google Juice dengan menggunakan WP.com daripada WP.org .

    WordPress.org 
    1. Membutuhkan lebih banyak pengetahuan teknis
      Dengan
      WordPress.org, merupakan software yang bisa didownload bebas, namun Anda perlu menginstal dan meng-upgrade perangkat lunak sendiri ketika versi baru keluar. Anda juga membayar untuk memiliki web hosting di situs seperti GoDaddy.com. Biasanya biayanya $ 7-12 per bulan, atau ribuan dolar per bulan untuk situs lalu lintas tinggi . 
    2. Kita dapat menghasilkan uang dan menjual barang di blog Anda:
      WordPress.org
      memungkinkan iklan berbayar, shopping cart dan penjualan pihak ketiga. 
    3. Intinya?
      Jika Anda
      adalah seorang profesional dan ingin mempromosikan diri, WordPress.com cukup baik! kelebihanya Anda mendapatkan Google Juice tambahan. Jika Anda ingin menjalankan iklan di blog Anda, Anda harus menggunakan WordPress.org

No comments:
Write komentar