Penyebab Earning Adsense Rendah Padahal Pengunjung Blog Rame

Virtual Corp - Apakah anda memiliki sebuah blog atau website yang memiliki pengunjung yang sangat rame? Apakah anda seorang publisher Adsense? Jika belum bacalah cara menjadi publisher adsense.

Penyebab Earning Adsense Rendah Padahal Pengunjung Blog Rame
ilustrasi penghasilan adsense menurun

Jujur saya heran kenapa penghasilan dari google adsense sangatlah kecil, Pengunjung cukup banyak tetapi sedikit sekali yang melakukan klik iklan. Mungkin saja tampilan iklan yang kurang menarik untuk di klik? atau mungkin iklan tidak relevan dengan konten artikel? atau memang ada mindset untuk tidak melakukan klik iklan di blog orang lain?

Kemungkinan Pertama Iklan tidak menarik untuk diklik

Jika tampilan iklan adsense kurang menarik tentu pengunjung tidak akan mengeklik iklan, untuk itu anda perlu mengutak atik template iklan lagi dan sesuaikan kombinasi warna maupun tulisan iklan yang akan tampil di blog. Sebenarnya sih page view blog ini tidaklah terlalu banyak, tetapi saya mencoba menganalisa blog lain yang memiliki page view cukup banyak tiap hari namun anehnya tak satupun klik iklan yang didapat. Tentu saja ini aneh bagi saya, apakah iklan kurang menarik? Saya pikir sudah cukup menarik. Penempatan iklan juga sangat pas dan strategis. Bedanya saya tidak membuat jebakan jebakan yang membuat pengunjung melakukan klik tidak sengaja karena hal ini sangat dilarang dan bisa berakhir dengan banned. Inilah yang akan saya renungkan kembali.

Kemungkinan Kedua Iklan yang Tampil Tidak Relevan dengan Konten

Iklan yang tampil tidak relevan dengan konten blog sehingga memiliki nilai cpc yang kecil. Bayangkan untuk 1 klik hanya dihargai 0,001 $, meskipun terjadi klik sebanyak 20 kali tetap saja tidak akan mencapai 1 dollar. Hal ini sangat menyakitkan, Nilai klik yang kecil seperti itu dikarenakan iklan yang tampil tidak relevan dengan konten website. Misalkan anda membuka artikel tentang cara merawat mobil namun iklan yang muncul adalah iklan cara membuat email, cara membuat akun facebook, dsb. Tentu saja iklan tersebut tidaklah relevan dan nilai klik nya sangat kecil.

Nilai klik kecil biasanya berasal dari pengunjung blog dari jejaring sosial yang mengarah ke blog kita, tentu kita sering membagikan artikel ke media sosial setelah menulis artikel baru. Nah, pengunjung dari sanalah yang memberikan nilai klik 0,001 $. Coba saja jika anda mampu menjaring pengunjung dari top country seperti amerika, canada, tentu ada akan mendapatkan penghasilan yang banyak karena nilai 1 klik bisa mencapai 0,54 $ bahkan bisa lebih. Untuk mendapatkan pengunjung dari top country seperti amerika dan canada tentu anda harus membuat artikel dengan bahasa inggris dan mencari topik yang populer dari negara mereka.

Selain itu agar memperoleh iklan yang relevan, maka sebaiknya trafik blog anda berasal dari search engine google.com. Misalkan saja pengunjung mengetikkan keyword "cara melangsingkan tubuh" dan blog anda berada di halaman pertama, lalu pengunjung diarahkan ke blog anda maka tentu saja iklan yang tampil akan relevan dengan blog dan memiliki nilai klik yang tinggi.

Kemungkinan Ketiga Pengunjung Punya Mindset untuk Tidak Klik Iklan

Kemungkinan yang ketiga inilah yang paling saya takuti. Bagaimana mungkin pengunjung ini akan klik iklan jika mereka sudah memiliki mindset untuk tidak melakukan klik iklan di blog orang lain. Semenarik apapun tampilan iklan yang tampil, meskipun penempatan iklan dalam posisi yang strategis, Meskipun iklan sangat relevan dengan konten artikel, Namun mereka Anti melakukan klik. Siapakah mereka itu? Mereka adalah pemilik blog. Karena pemilik blog memang tidak diperbolehkan melakukan klik iklan sendiri. LoL :D

Sebenarnya bukan itu maksud saya, kebanyakan blogger akan enggan melakukan klik terhadap blog orang lain, namun ironinya mereka akan tetap berharap orang lain melakukan klik iklan di blognya. Percayalah di dunia ini selalu berlaku hukum timbal balik, Jika anda saja tidak mau mengeklik iklan orang lain jangan harap orang lain mau melakukan klik iklan yang tampil di blog anda. Minimal lakukanlah klik iklan jika anda merasa konten / artikel yang anda peroleh bermanfaat buat anda.

Tulisan ini bukan bermaksud untuk menyarankan pengunjung untuk melakukan klik iklan di blog ini. karena tulisan ini hanyalah analisa yang payah. Salam Blogger

No comments:
Write komentar